BI-RTGS

Penerapan Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (Sistem BI-RTGS) di Indonesia dimulai sejak tanggal 17 November 2000. Kehadiran sistem BI-RTGS di Indonesia sebagai sarana settlement (penyelesaian akhir transaksi pembayaran) sangat penting mengingat transaksi pembayaran perbankan bernilai besar merupakan mayoritas dari total transaksi pembayaran di Indonesia.

Apa Itu BI-RTGS?

Sistem BI-RTGS adalah suatu sistem transfer dana elektronik antar peserta dalam mata uang rupiah yang penyelesaiannya dilakukan secara seketika per transaksi secara individual.

Siapa Penyelenggara Sistem BI-RTGS?

Sistem BI-RTGS diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Siapa Peserta Sistem BI-RTGS?

Peserta Sistem BI-RTGS terdiri dari seluruh bank dan non bank, yang dibedakan menjadi Peserta Langsung dan Peserta Tidak Langsung. Peserta Langsung adalah peserta yang dapat melakukan transaksi RTGS secara langsung dengan menggunakan RTGS Terminal milik Peserta. Sedangkan Peserta Tidak Langsung dapat melakukan transaksi RTGS secara tidak langsung, yang pelaksanaannya dilakukan oleh Bank Indonesia dengan menggunakan RTGS Terminal milik Bank Indonesia.

Bagaimana Proses Sistem BI-RTGS Dan Kapan RTGS Diperlukan?

Secara umum mekanisme/proses transfer dana antar Peserta BI-RTGS sebagai berikut:

  1. Nasabah pengirim memberi instruksi transfer kepada bank pengirim untuk melakukan transfer sejumlah dana ke Nasabah penerima di bank penerima.
  2. Bank pengirim memproses transfer pada komputer RTGS Terminal (RT), selanjutnya ditransmisikan ke RTGS Central Computer (RCC) yang merupakan pusat komputer RTGS di Bank Indonesia.
  3. Selanjutnya, jika pesan dari bank pengirim diterima RCC, maka RCC memproses transfer dana dengan mekanisme sebagai berikut :
  4. Mengecek kecukupan saldo giro bank pengirim di Bank Indonesia. Jika saldo giro mencukupi untuk melakukan transfer, dilakukan pembukuan simultan dengan mendebit rekening giro bank pengirim dan mengkredit rekening giro bank penerima.
  5. Jika saldo rekening giro bank pengirim tidak mencukupi, transfer tersebut ditempatkan dalam antrian (queue) sistem BI-RTGS.
  6. Informasi transfer yang telah diselesaikan (settled) ditransmisikan secara otomatis oleh
  7. RCC ke RT bank pengirim dan RT bank penerima.
  8. Bank penerima meneruskan perintah transfer dana yang diterima dari RCC, dengan cara mengkredit dana sesuai dengan yang dikirim oleh Nasabah pengirim.

Kapan Sistem BI-RTGS Dilaksanakan?

Bank Indonesia melaksanakan transaksi RTGS dengan penetapan jam pelayanan transfer RTGS antar Peserta dalam periode waktu yang seragam untuk 3 Zona Waktu di Indonesia (untuk kepentingan nasabah saat ini dibatasi mulai pk.06.30 – 16.30 WIB). Adapun jam pelayanan pada masing-masing bank bergantung kondisi dan standar bank masing-masing.

Berapa Besarnya Biaya RTGS?

Bank Indonesia menetapkan biaya transaksi Sistem BI-RTGS yang seragam kepada seluruh Peserta Sistem BI-RTGS. Adapun biaya transaksi Sistem BI-RTGS yang dikenakan oleh bank kepada nasabahnya bergantung kondisi dan standar masing-masing bank. Bank Indonesia mewajibkan setiap bank mengumumkan tarif biaya Sistem BI-RTGS, baik yang dibebankan Bank Indonesia kepada bank, maupun bank kepada nasabahnya di setiap kantor.

Tips dalam Bertransaksi RTGS

Agar perintah transfer dana RTGS dapat diterima pada hari yang sama, sebaiknya Anda mendatangi bank pada jam pelayanan bank. Jika perintah transfer dana RTGS melalui internet banking atau sarana elektronik lainnya, teliti jam layanan bank atau tanyakan terlebih dahulu ke call center bank.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: