Sistem Pembayaran Non Tunai

Sistem Pembayaran sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Hampir setiap saat dalam kegiatan perekonomian sehari-hari terjadi transaksi yang dilakukan para pelaku ekonomi, serta masyarakat umum lainnya. Sadar atau tidak, kegiatan transaksi yang kita lakukan tersebut berkaitan erat dengan sistem pembayaran.

Evolusi sistem pembayaran dimulai dari sistem perekonomian yang paling sederhana, yakni yang dikenal dengan istilah barter, dimana seseorang yang membutuhkan barang tertentu dapat memperolehnya dengan cara menukarnya dengan barang yang berbeda. Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan manusia, muncullah uang sebagai alat ukur dan alat tukar yang dapat digunakan dalam perdagangan. Transaksi pembayaran sederhana yang hanya melibatkan dua pihak/individu secara langsung dapat dilakukan secara tunai, namun semakin besar nilai transaksi, penggunaan uang tunai dirasa semakin tidak efisien, sehingga orang beralih ke alat pembayaran non-tunai.

Mekanisme Sistem Pembayaran Non Tunai

Sistem pembayaran non tunai melibatkan lembaga perantara agar dana tersebut dapat benar-benar efektif berpindah dari pihak yang menyerahkan ke pihak penerima. Jika kedua pihak yang terlibat merupakan nasabah pada bank yang sama, maka proses perpindahan dana lebih sederhana, dimana bank tersebut cukup melakukan proses pemindahbukuan dari rekening yang satu ke rekening lainnya. Namun tidak demikian halnya jika kedua pihak merupakan nasabah bank pada bank yang berbeda. Untuk ini diperlukan suatu lembaga lain yang dikenal sebagai lembaga kliring untuk mengakomodir transaksi antar bank tersebut.

Implikasi dari suatu transaksi pembayaran adalah adanya pihak yang harus membayar dan pihak penerima pembayaran. Dalam transaksi non-tunai dimana pihak yang bertransaksi biasanya menggunakan jasa lembaga perantara seperti bank untuk melakukan pembayaran lewat mekanisme kliring antar bank dan menggunakan warkat bank seperti cek dan bilyet giro sebagai instrumen pembayaran non tunai.

Dalam transaksi seperti ini salah satu faktor penting dalam mekanisme operasional yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mekanisme settlement dilakukan. Settlement adalah proses terjadinya perpindahan nilai uang yang dilakukan dengan mendebit rekening pihak pembayar dan mengkredit rekening pihak penerima. Dengan dilakukannya settlement maka transaksi tersebut akan bersifat final dan irrevocable (tidak dapat dibatalkan).

Net vs Gross Settlement

Berkaitan dengan transaksi pembayaran antara bank, settlement umumnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara Net atau secara Gross. Dalam sistem net-settlement perpindahan nilai uang (pendebitan/pengkreditan rekening) tidak dilakukan per-transaksi, melainkan di akhir suatu periode tertentu setelah dilakukan offsetting antara kewajiban-kewajiban pembayaran dengan hak atau tagihan-tagihan pembayaran (penerimaan pembayaran) dari masing-masing pihak yang bertransaksi selama periode tersebut. Dari hasil offsetting diperoleh satu nilai netto kewajiban pembayaran atau netto tagihan pembayaran yang akan diposting (didebit atau dikredit) ke masing-masing rekening pihak yang bertransaksi.

Berbeda dengan sistem net settlement, dalam gross settlement, setiap instruksi pembayaran akan diselesaikan secara individual (per-transaksi) dengan mendebit/mengkredit rekening pihak-pihak yang bertransaksi secara simultan tanpa melakukan proses offsetting terlebih dahulu, sepanjang saldo rekening giro bank yang akan di-debit mencukupi. Di dunia internasional saat ini, sistem yang digunakan untuk penyelesaian transaksi dengan mekanisme gross settlement dikenal dengan istilah ‘Real Time Gross Settlement’ (RTGS). Bank Indonesia juga sudah menerapkan RTGS, terutama untuk melayani kebutuhan masyarakat akan transaksi pembayaran yang aman, cepat dan akurat.

About these ads

One Response to Sistem Pembayaran Non Tunai

  1. ade says:

    lama-lama Indonesia bisa menjadi less-cash society atau digital society ya hehehe. Semuanya serba pake uang plastik atau uang elektronik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: