Tags

, ,

Ingin menanyakan mengenai kondisi rekening Anda di bank? Anda punya keluhan dalam bertransaksi ? Segera hubungi pusat informasi nasabah bank Anda yang sering disebut sebagai Call Center melalui nomor telepon yang telah diinformasikan oleh pihak bank kepada para nasabahnya. Nomor telepon dapat diperoleh di belakang kartu kredit / kartu ATM, laporan bulanan rekening, lembar tagihan bulanan kartu kredit dan pada layar mesin ATM.

Layanan Call Center sering disebut juga sebagai phone banking, karena aktivitas pelayanan perbankan yang dilakukan melalui telepon. Call Center telah digunakan sebagai penegasan bagi pelayanan perbankan 24 jam yang lebih mudah, lebih cepat dan lebih canggih.

Secara garis besar, pelayanan Call Center perbankan dapat dikategorikan dalam 2 kelompok layanan, yaitu pelayanan melalui mesin “voice response” dan melalui operator (disebut “agent “). Pelayanan melalui mesin umumnya dilakukan untuk keperluan transaksi on-line swalayan, dimana nasabah dapat mengakses berbagai informasi perbankan dan melakukan transaksi pembayaran, serta pemindah-bukuan secara otomatis. Sedang pelayanan melalui agent lebih diarahkan pada pelayanan berbagai informasi yang bersifat konsultasi, bantuan dan transaksi yang lebih rumit.

Pada dasarnya, fungsi Call Center memindahkan pelayanan melalui kantor cabang ke telepon, sehingga umumnya bank mempunyai jenis pelayanan call center yang sama. Beberapa bank memiliki variasi jenis pelayanan yang berbeda sesuai mekanisme pelayanan dan kebijakan suatu bank, tetapi tidak jauh berbeda.

Keuntungan

Keuntungan menghubungi call center adalah hemat dan bebas.

Hemat, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga karena Anda tidak perlu berkunjung ke cabang bank Anda.

Bebas, banyak bank yang memiliki call center yang dapat dihubungi 24 jam sehari, 7 hari seminggu

sepanjang tahun dari tempat manapun di seluruh dunia ketika Anda membutuhkan bantuan.

Layanan Yang Diberikan Call Center

Call Center dapat memberikan layanan :

  • Informasi mengenai produk perbankan yang diberikan oleh bank Anda.
  • Solusi atas permasalahan yang Anda hadapi dalam menggunakan jasa dan produk bank Anda.
  • Menampung keluhan Anda dan dilanjutkan ke bagian terkait di bank untuk upaya penyelesaian selanjutnya.
  • Melakukan pengamanan dini atas rekening Anda segera setelah Anda melaporkan terjadinya persitiwa yang menyebabkan hilangnya kartu ATM, kartu kredit.
  • Membantu memperbaharui data Anda pada bank misalnya perubahan alamat, perubahan nomor telepon dan lain-lain.
  • Beberapa call center dapat melakukan transaksi perbankan secara terbatas.

Petunjuk Menghubungi Call Center

  • Pastikan Anda mengetahui nomor telepon call center bank Anda. Beberapa bank memiliki nomor khusus yang dapat dihubungi melalui telepon seluler, dan ada juga yang memiliki fasilitas collect call (jika Anda berada di luar negeri).
  • Pastikan Anda mengetahui nomor rekening perbankan atau kartu kredit Anda.
  • Pastikan Anda siap dengan data-data yang dibutuhkan untuk verifikasi melalui telepon pada saat Anda masuk ke dalam layanan otomatis call center.
  • Manfaatkan layanan otomatis yang tersedia.
  • Jika bantuan yang Anda butuhkan tidak terdapat dalam menu layanan otomatis, jangan ragu memilih layanan berbicara langsung dengan staf call center.
  • Sampaikan permasalahan Anda kepada staf call center dengan jelas.
  • Pastikan Anda mengetahui dan mencatat nama staf call center yang melayani Anda.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Pastikan Anda mencatat dan mengetahui nomor call center resmi bank Anda. Jangan memberikan nomor PIN Anda kepada staf call center dengan alasan apapun, karena bank tidak pernah menanyakan nomor PIN.